Saturday, June 9, 2018

Review Singkat TP-LINK CPE220

Review Singkat TP-LINK CPE220CPE220 - Teknologi semakin berkembang dan tidak peduli kita mau mengikutinya atau tidak. Begitupun dengan peralatan pendukungnya. Namun adakalanya alat-alat tersebut tidak mampu untuk mendukung teknologi-teknologi terbaru. Atau bisa juga alat-alat tersebut mengalami peremajaan. Dengan kata lain, alat tersebut sudah discontinue (tidak diproduksi) dan muncul generasi baru dari alat tersebut dengan seri atau kemampuan yang lebih baik (logikanya).

Yang saya maksud disini adalah, dengan munculnya produk baru (generasi baru dari produk yang lama) maka harusnya alat tersebut punya kemampuan lebih dari alat yang sudah tidak diproduksi tersebut. Namun pada kenyataannya, ada beberapa alat baru yang performanya malah lebih buruk dari alat sebelumnya. Saya ambil contoh seri tp-link 7210 dengan 5210. Untuk seri 7210 ada beberapa yang performanya tidak sebagus 5210. Untuk lebih jelasnya tentang 7210, silahkan baca artikel saya sebelumnya dibawah ini !


Kembali ke topik bahasan, CPE220 merupakan salah satu produk tp-link yang berbasis outdoor. Dan kebetulan saya sudah mencobanya 2x (dua tempat yang berbeda). Dan yang terakhir saya menggunakannya dengan topologi seperti pada gambar dibawah ini !
Review Singkat TP-LINK CPE220

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa, saya menempatkan CPE220 pada ketinggian 13m. Sedangkan untuk BTS sendiri saya menggunakan AirGrid 20dB PTMP. Dengan topologi seperti diatas, CPE220 mendapatkan sinyal kurang lebih seperti gambar di bawah ini !
Review Singkat TP-LINK CPE220

Setelah fix, saya melakukan uji coba koneksi dengan memberikan beban bandwith sebesar up to 2Mb. Ternyata dengan kondisi seperti gambar diatas CPE220 hanya lancar untuk melakukan aktivitas browsing internet, jika kita melakukan streaming youtube atau media yang lain maka latensi saya pastikan membengkak menjadi 3 digit. Logikanya, bandwith sebesar up to 2Mb untuk streaming youtube saya jamin tidak ada bufferingnya. Tapi untuk alat ini ternyata tidak.

KESIMPULAN CPE220 dengan kondisi seperti diatas hanya lancar untuk browsing internet dan tidak untuk streaming video. Dan cukup saya saja yang melakukan uji coba dengan alat ini. Karena kondisi jarak dekatpun, alat ini sering putus nyambung.

Sekian ulasan singkat tentang perangkat internet besutan Tp-Link seri CPE220 ini. Semoga bisa menjadikan pertimbangan kepada sobat laresawoo dan khususnya para pemain internet untuk menggunakan alat ini.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya